Kesehatan Sekolah

26 Des

Kesehatan Sekolah

Cara yang ditempuh adalah melalui UKS

Usaha Kesehatan Sekolah disingkat UKS adalah suatu usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah. UKS biasanya dilakukan di ruang kesehatan suatu sekolah.

Kesehatan Sekolah

Trias UKS

UKS memiliki pedoman yang biasa disebut Trias UKS, yaitu:

  1. Pendidkan Kesehatan
  2. Pembinaan Kesehatan
  3. Pembinaan Sekolah Lingkungan Sehat

Dokter cilik

Dokter cilik adalah sebutan untuk murid (biasanya tingkat SD) yang menjadi “staf” UKS di bawah bimbingan guru. Dokter cilik dipilih dan diseleksi, kemudian diajari cara pertolongan pertama olehdokter yang sengaja dipanggil pihak sekolah untuk membimbing para “dokter” ini.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan prasyarat utama agar pendidikan berhasil.

WHO sebagai organisasi kesehatan dunia telah mencanangkan konsep sekolah sehat atau Health Promoting School yaitu  sekolah yang telah melaksanakan UKS dengan ciri-ciri melibatkan semua pihak yang berkaitan dengan masalah Kesehatan Sekolah.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan titik berat pada upaya promotif dan preventif didukung oleh upaya kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas, menjadi sangat penting dan strategis untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya, dengan menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan aman, memberikan pendidikan kesehatan di sekolah, memberikan akses terhadap pelayanan kesehatan, ada kebijakan dan upaya sekolah untuk mempromosikan kesehatan dan berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Usaha Kesehatan Sekolah di Tingkat Sekolah

Masalah kesehatan yang dihadapi oleh anak usia sekolah sangat kompleks dan bervariasi, berkaitan dengan hal itu, pelaksanaan UKS di tingkat TK dan SD berbeda dengan tingkat SMP dan SMA.

Pada anak usia TK dan SD biasanya berkaitan dengan kebersihan perorangan dan lingkungan seperti gosok gigi yang baik dan benar, kebiasaan cuci tangan memakai sabun, serta membersihkan kuku dan rambut. Untuk itu pelaksanaan UKS adalah memupuk kebiasaan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) sedini mungkin dengan membentuk kebiasaan menggosok gigi dengan benar, mencuci tangan, serta membersihkan kuku dan rambut.

Pada anak usia SMP dan SMU yang merupakan masa peralihan (remaja), masalah kesehatan yang dihadapi biasanya berkaitan dengan perilaku berisiko seperti merokok, penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya), kehamilan yang tak diinginkan (KTD), abortus yang tidak aman, Infeksi Menular Seksual (IMS) termasuk HIV/AIDS, kesehatan reproduksi remaja, stress dan trauma.

Pelaksanaan UKS di SMP dan SMU lebih difokuskan pada pencegahan perilaku berisiko yang biasanya sering dilakukan remaja sesuai dengan ciri dan karakteristik yang selalu ingin tahu, suka tantangan dan ingin coba-coba sesuatu hal yang baru serta penanganan akibatnya. Murid usia SMP dan SMU perlu dibina agar menjalankan hidup sehat lewat keterampilan hidup sehari-hari (life skill education).

Bagaimana? Apakah informasi mengenai Kesehatan Sekolah di atas membantu anda? :)

 

Balas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 247 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: