Masalah Kesehatan

26 Des

Masalah Kesehatan

Masalah Kesehatan

Isu mengenai Masalah Kesehatan kadang bisa memicu kontroversi yang membuat masyarakat menjadi resah serta takut. Berikut ini 5 Masalah Kesehatan yang bikin geger di Indonesia.

Masalah Kesehatan yang berkembang di masyarakat bisa membuat masyarakat khawatir dan takut karena beberapa diantaranya menimbulkan pro dan kontra dari 2 kelompok yang saling bertolak belakang.

Ini dia 5 Masalah Kesehatan yang bikin geger masyarakat di Indonesia.

1. Susu formula berbakteri
Kontroversi susu formula berbakteri mencuat sejak Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penelitian tentang bakteri E.sakazakii pada tahun 2006 dan menemukan kontaminasi pada beberapa merek susu formula. Para peneliti mengungkapkan studi ini bukan surveilance sehingga tidak etis membeberkan merek susu yang digunakan.

Penelitian ulang pun dilakukan pemerintah terhadap 47 merek susu untuk bayi 0-6 bulan yang beredar di pasaran, dan hasilnya susu yang beredar aman. Kasus ini cukup membuat masyarakat resah karena bakteri E.sakazakii

2. Vaksin haji dari babi
Pemakaian vaksin meningitis masih jadi dilema bagi masyarakat yang ingin melakukan ibadah haji atau umrah, karena diduga masih mengandung babi. Walaupun sebenarnya vaksin meningitis yang digunakan di Indonesia untuk jamaah haji sama dengan vaksin yang digunakan di negara-negara lain seperti Malaysia dan juga Arab Saudi.

Ketua Fatwa MUI, menuturkan vaksin meningitis bersifat darurat dan darurat ini bukan berarti halal. Meski begitu Majelis Pertimbangan Kesehatan dan Syara (MPKS) memastikan bahan akhir polisakarida dalam vaksin

3. Ayat tembakau yang hilang di RPP
Hilangnya ayat tentang tembakau dalam UU kesehatan cukup menimbulkan polemik di masyarakat, beberapa pihak beranggapan industri rokok turut terlibat dalam hal ini, meski belum diketahui dengan pasti siapa pelakunya.

Ayat 2 pasal 13 yang sempat hilang tersebut berbunyi: “Zat adiktif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi tembakau, produk yang mengandung tembakau padat, cairan dan gas yang bersifat adiktif yang penggunaannya dapat menimbulkan kerugian bagi dirinya dan/atau masyarakat sekelilingnya”.

4. Kontroversi mengenai penggunaan alat kontrasepsi KB
Alat kontrasepsi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi jumlah penduduk dan menghindari kehamilan yang tidak diinginkan. Tapi beberapa kelompok agama militan tertentu menentang hal ini karena penggunaan KB dianggap menolak anugerah atau berkah dari Tuhan.

Padahal kontrasepsi ini bisa digunakan untuk memberikan jarak antar kehamilan agar anak bisa diurus dengan baik dan proses pemulihan lebih optimal, serta menghindari aborsi ilegal akibat kehamilan yang tidak diinginkan.

5. Kondom remaja
Awal mula kontroversi ini adalah ketika Menkes mengatakan perlunya kampanye kondom yang difokuskan untuk seks yang berisiko serta meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan reproduksi untuk remaja, namun bukan berarti ada pelegalan untuk kondom remaja.

Sayangnya isu yang beredar di masyarakat adalah Menkes membagi-bagikan kondom gratis untuk remaja. Padahal kampanye kondom ini hanya difokuskan untuk seks yang berisiko yang bisa berakibat penularan penyakit kelamin termasuk HIV AIDS, gonore, sipilis, serta kehamilan yang tidak dikehendaki.

Bagaimana? Apakah informasi Masalah Kesehatan tersebut membantu dan bermanfaat bagi anda?🙂

Satu Tanggapan to “Masalah Kesehatan”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Artikel Tentang Kesehatan « Informasi Tentang Kesehatan - Desember 26, 2012

    […] masalah kesehatan […]

Balas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: