Cara Mengobati Penyakit Jantung dengan Sayur dan Buah

11 Des

Penyakit kardiovaskular bisa disebabkan karena stres dan gaya hidup yang tidak sehat sehingga mengakibatkan penyumpatan pada pembuluh darah. Untuk mengurangi risiko penyakit jantung, sebaiknya Anda mengonsumsi buah-buahan berikut  ini.

  1. Delima
    Buah maupun jus delima efektif mencegah serangan jantung karena mengurangi inflamasi. Kandungan vitamin C pada buah delima sebaiknya Anda jadikan konsumsi harian agar darah mengalir dengan lancar dan menurunkan tekanan darah.
    Buah Delima
  2. Bawang putih
    Dokter umumnya menyarankan penderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung mengonsumsi bawang putih. Selain berkhasiat menyeimbangkan gula darah, bawang putih juga ampuh melancarkan sirkulasi darah dan mencegah serangan penyakit jantung.
    Bawang Putih
  3. Jagung manis
    Jagung manis mengandung kromium, mineral yang mampu mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu, jagung juga mengandung folat (vitamin B9) yang berfungsi melindungi jantung dari stroke dan penyumpatan pembuluh darah.
    jagung manis
  4. Kiwi
    Khasiat kiwi bagi jantung jika dikonsumsi setiap hari akan menjaganya agar tetap sehat. Kandungan serat dan antioksidan pada kiwi juga menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Selain itu, kiwi mengandung kalium, magnesium, dan tembaga yang menurunkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.
  5. Buah berry
    Hampir semua orang tahu polyphenol pada buah berry mampu melindungi jantung. Buah berry juga mengandung antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.
  6. Jeruk
    Buah jeruk banyak mengandung hesperidin, vitamin C yang dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan meningkatkan fungsi endotel (dinding pembuluh darah).
  7. Anggur
    Anggur terutama anggur merah dan ungu banyak mengandung flavonoid dan resveratrol yang dapat meningkatkan meningkatkan kesehatan sel-sel yang melapisi pembuluh darah.
  8. Apel
    Apel banyak mengandung fitonutrien (fitokimia) dan pectin yang bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi menurunkan kolesterol jahat (LDL).
  9. Alpukat
    Kandungan terbaik alpukat adalah kalium dan natrium yang dapat mengontrol ketegangan di arteri dan kolesterol.
  10. Stroberi
    Stroberi kaya akan kalium, magnesium dan vitamin C yang dapat mengatur tekanan darah, bertindak sebagai antioksidan dan membantu dalam relaksasi otot arteri.
  11. Blewah
    Blewah banyak mengandung beta-karoten, vitamin C dan vitamin B kompleks yang bertindak sebagai antioksidan dan antikoagulan (pengencer darah), serta mencegah atherosclerosis (pembentukan plak di dinding arteri) dan tekanan darah tinggi.
  12. Lidah buaya
    Lidah buaya banyak mengandung beta-sitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat pembuluh vena dan arteri.
  13. Wortel
    Kandungan wortel adalah beta-karoten, glutathione (GSH) yang mengurangi kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah sistolik.
  14. Tomat
    Tomat banyak mengandung lycopene, phytonutrients (glycoside-esculeoside A), flavonoid (chalconaringenin), 9-oxo-octadecadienoic acid yang menghambat agregasi trombosit, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta juga bertindak sebagai antioksidan.
  15. Mentimun
    Mentimun mengandung beta-karoten, mangan yang bertindak sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas.
    mentimun

Selain makanan, Anda juga bisa mencegah serangan jantung dengan olahraga. Berbagai olahraga tersebut diantaranya adalah berjalan, joging, bersepeda, dan berenang.

Artikel Terkait :

Balas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: